Monday 8 February 2016

Lomba Matematika LIM@S JABAR 2016

Haii semuanya...
Aku pengen cerita tentang pengalaman aku nih. Boleh ya?

Jadi pas tanggal 11 Januari 2016 - 16 Januari 2016 tuh ada beberapa jenis lomba matematika yang diadakan oleh HIMKA IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk wilayah se-Jawa Barat. Nahh lombanya itu ada 5 jenis, yaitu:

- Lomba Cerdas Tangkas Matematika u/ tingkat SMP/MTs
- Lomba Hitung Cepat Matematika u/ tingkat SD/MI dan SMP/MTs
- Lomba Olimpiade Matematika u/ tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA
- Ranking 1 Matematika u/ tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA
- Lomba Alat Peraga Matematika u/ tingkat SMA/MA
Karena ini lombanya di Cirebon, jadi aku ikut semua lomba wkwkwk
Nah untuk LCTM ini lombanya itu group, jadi 1 group terdiri atas 4 orang dan yang 1 orang nya itu buat cadangan. Nah SMP Santa Maria Cirebon ngirim 2 group yaitu SMP Santa Maria Cirebon (A) dan SMP Santa Maria Cirebon (B). Nah yang team A, anggota nya itu ada aku Yola, Nando (7B), Edgar (7C), sama Netta (7B). Kalo yang team B nya, anggota nya itu ada Melody (9C), Karen (7A), Viola (9D), sama Intan (9C).

Senin, 11 Januari 2016
Hari pertama lomba ini, aku dan teman-teman yang lain pergi ke Kampus IAIN buat penyisihan lomba hitung cepat matematika. Jenis soal nya itu pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Nah ini nih degdegan banget karena soal nya ada 100 buah terus waktu ngerjainnya cuma 15 menit....kebayang kan tuh gimana ngerjainnya:". Pas ngerjain tuh bener-bener gemeteran gituu soalnya ada soal pembagian yang udah ngitung cape-cape, terus ternyata hasilnya gak abis gitu jadinya kan kecewa udah kebuang waktunya:'''. Terus pas lagi ngerjain, liat waktu di layar tinggal 1 menit aja. Cepet bangett:O kaya cuma 5 menit gitu kerasanya. Terus pas waktunya selesai, yaudah deh berdoa aja semoga bisa masuk ke babak selanjutnya. Aminn. Pas pengumuman, ternyata Puji Tuhan banget, aku masuk ke babak selanjutnya:). Setelah pengumuman itu, langsung penyisihan 2 jadi degdegan bangett lagii deh. Nah kalo yang babak penyisihan 2 ini, soal nya ada 75 buah dan waktu untuk mengerjakan nya 10 menit. Aduhh gatau lagi deh gimana tapi yaa berdoa aja semoga ngerjainnya bisa dan teliti. Pas lagi pengerjaan, seperti biasa lah degdegan bangett yang pastii. Terus pas lagi ngejumlahin, tau-tau waktu nya abis padahal udah ketemu jawabannya tapi belom sempet ditulis karena pas waktu nya abis, tangan kita harus ngangkat semua. Jadinya yaudah deh berdoa aja semoga bisa masuk babak final. Nah pas liat pengumuman dari website, ternyata aku ke peringkat-5 dari 4 peserta yang diambil untuk ke babak final. Kan sedih bangettttt:"(( tapi yaa yang penting aku udah berusaha semaksimal mungkin buat lomba ini:)

Selasa, 12 Januari 2016
Hari ini jadwalnya itu penyisihan LCTM. Hari ini yang bakal main itu SMP Santa Maria Cirebon (B). Nah semua tim LCTM SMP Santa Maria ikut kesana buat nonton tim B main hehehe. Terus pas lombanya mau dimulai, ternyata ada beberapa kesalahan teknis. Jadinya semuanya sepakat, penyisihan LCTM nya diundur hari Kamis, 14 Januari 2016. Akhirnya kita balik lagi deh ke sekolah....

Rabu, 13 Januari 2016
Hari ini jadwalnya itu lomba Olimpiade Matematika sama penyisihan LCTM. Pas lomba olimpiade, hmm soal nya susah banget........waktunya itu 1.5 jam kalo gak salah heheh. Terus pas setelah selesai lomba olimpiade, saatnya penyisihan LCTM. Nah aku jelas degdegan bangett, pas abis selesai lomba olimpiade, terus lomba LCTM. Tapi tetep harus semangat supaya bisa tampil dengan maksimal!:D Nah pas lomba LCTM ini, degdegan bangett. Pada akhirnya, Puji Tuhan bangettt, kami bisa masuk ke semifinal LCTM bersama tim lain dari SMP Islam Al-Azhar Cirebon hehehe. Rasanya tuh lega dan seneng bangettt>.<
Nah sorenya, ada pengumuman olimpiade matematika yang tadi dilaksanain. Ternyata, aku peringkat ke-13 dari 10 peserta yang diambil buat masuk ke babak final. Aku belum berhasil buat masuk final lagi:" mungkin aku belum saatnya buat masuk final, tapi aku yakin, Tuhan udah ngasih yang hasil yang terbaik buat aku:)

Kamis, 14 Januari 2016
Hari ini jadwalnya penyisihan LCTM. Nah karena waktu hari Selasa ada kesalahan teknis, jadi hari ini tim B mainn. Karena ada beberapa halangan juga, aku gak bisa liat tim B main:") tapi aku selalu dukung lewat doa kokk. Goodluck!:D. Nah aku di sekolah juga penasaran banget...tim B gimana yaa hasilnya? Ikut degdegan jugaa. Terus pas jam pelajaran ke-8, Karen, Melody, Viola, sama Intan itu ada di depan kelas aku. Terus aku ijin sama gurunya buat keluar sebentar. Terus aku tanya deh, gimana hasilnya? Terus Viola ngomong, "kalahh yol, beda 100 sama yang juara 2 nya". Terus yang lain nya mukanya pada sedih gituu. Akunya juga sedih bangett, padahal kan berharapnya kita bisa sama-sama masuk semifinal:". Tapi ternyataaa......mereka ngebohongin aku, ternyata mereka masuk ke semifinal jugaaaa ahh seneng bangett! aku langsung loncat-loncat gitu saking senengnya:). Setelah itu kita langsung latihan buat semifinal LCTM besokk:D

Jumat, 15 Januari 2016
Hari ini jadwalnya semifinal LCTM sama Ranking 1 Matematika. Degdegan banget yang pastii. Nah, semifinal LCTM nya itu jam 8 pagi, kalo Ranking 1 Matematika nya setelah semifinal LCTM. Pas semifinal LCTM itu, ada 4 tim yang akan bertanding. Ada dari SMP Santa Maria Cirebon (A), SMPK Penabur Cirebon, MTs Husnul Khotimah (A), dan SMPN 1 Cirebon (A). Itu tuh degdegan bangett soalnya ini semifinal. Terus dari 4 tim kan cuma 2 tim yang masuk ke babak final. Pada akhirnya, kita SMP Santa Maria Cirebon (A) bisa masuk ke babak final bersama MTs Husnul Khotimah (A). Yeyy seneng banget rasanyaa\=D/. Setelah itu, baru Ranking 1 Matematika. Ini juga degdegan banget karena kalo 1 soal aja salah, langsung keluar dari arena lomba, gak boleh ikutan lagi jadi harus bener-bener fokus dan teliti banget. Nah, Ranking 1 Matematika ini ada 4 tahap yaitu Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, dan yang terakhir Ujian Nasional. Nahh, pas Ujian Akhir Semester ituu aku keluar dari arena lomba karena aku salah menerjemahkan soal:". Yang ditanya "berapa harga 1 buah baju dan celana panjang?". Nah aku kira itu, harga masing-masing 1 buah baju nya berapa, 1 buah celana panjangnya berapa. Ternyata maksudnya itu jumlah 1 buah baju dan celana panjang. Sedihh banget:"(. Nah setelah Ranking 1 Matematika ini, akan diadakan semifinal LCTM lagii. Nah tim SMP Santa Maria Cirebon (B) main nihh, sukses ya! hehehe:). Ternyataa, tim B belum berhasil masuk final LCTM:". Sedihhh:"( tapi yang penting mereka udah berusaha semaksimal mungkin:) dan yang berhasil lolos ke babak final itu SMP Islam Al-Azhar (A) dan SMP Islam Al-Azhar (B).

Sabtu, 16 Januari 2016
Hari ini pelaksanaan terakhir LIM@S JABAR 2016. Di hari ini lah, semua final lomba akan dilaksanakan. Yang pertama itu final Olimpiade Matematika u/ tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Lalu, dilanjutkan dengan Lomba Hitung Cepat Matematika u/ tingkat SD//MI, dan SMP/MTs. Yang terakhir, final LCTM u/ tingkat SMP/MTs. Pas final LCTM bener-bener degdegan bangett tapi ya kayak biasa, tampilin yang terbaik aja heheh. Ternyata kita berhasil jadi juara 3:D bersyukur banget meskipun kita belum berhasil jadi juara 1:). Nah, juara 1 Olimpiade Matematika u/ tingkat SMP/MTs nya Edgar (7C), selamat ya! Nah kalo untuk LHCM nya juara 2 nya Melody (9C) dan juara 3 nya Netta (7B). Selamatt!

Ternyata hasil usaha kita selama ini ga sia-sia ya! Kita berhasil bawa pulang piala untuk SMP Santa Maria Cirebon. Makasih yaa buat semuanya yang udah dukung kami sampai saat ini. Terimakasih buat Tuhan, keluarga, bapak ibu guru, dan temen-temen. Terimakasih banyakk:)

Segini dulu yaa cerita tentang pengalaman aku nya XD
Jangan lupa visit blog aku terus ya:3
Sampai bertemu di lain waktu:)
Byeee....




1 comment: